Apa Itu Insulating Varnish ?

Tanggal :04/10/2021 17.26.00 Penulis : Hartawan Reynaldi

Apa Fungsi dan Jenis-Jenis Insulating Varnish ?

Insulating varnish adalah resin seperti epoksi atau alkyd yang digunakan untuk melindungi mesin tegangan tinggi seperti transformator, motor dan generator dari kegagalan listrik. Insulating varnish diterapkan di atas konduktor listrik untuk memberikan lapisan isolasi listrik dan mencegah korslet. Meskipun sangat mirip dengan pelapis konformal, sistem ini memiliki sifat dielektrik yang unggul, yang menjadikannya pilihan yang lebih baik untuk aplikasi seperti gulungan isolasi dan koil.

Peralatan listrik yang terdiri dari gulungan kawat berinsulasi biasanya diakhiri dengan insulating varnish. Insulating varnish digunakan untuk berbagai tujuan sebagai berikut:
1. menutup semua bahan berserat atau higroskopis dalam belitan terhadap penyerapan kelembaban.
2. merekatkan seluruh belitan, kabel dan isolasi secara mekanis, menjadi massa kohesif yang solid, sehingga dibuat lebih tahan terhadap goncangan, getaran dan tekanan mekanis.
3. melindungi belitan terhadap efek destruktif dari minyak, asam dan bahan kimia lainnya, bensin, lembab, panas dan pertumbuhan jamur dan untuk memberikan sifat anti-pelacakan.
4. meningkatkan sifat listrik dari isolator berserat atau isolator lain yang tidak boleh terganggu oleh berbagai pengaruh destruktif 

Insulating Varnish dapat dikategorikan menjadi tujuh jenis berdasarkan tingkat isolasinya (suhu kerja maksimum yang diizinkan (?). Yaitu Class Y, Class A, Class E, Class B, Class F, Class H dan Class C.   
1. Class Y
Suhu kerja maksimum yang diizinkan 90 ?. Struktur insulasi terdiri dari benang kapas yang tidak diresapi, sutra, kertas dan bahan lain atau kombinasinya.
2. Class A:
Suhu kerja maksimum yang diizinkan 105°C, terdiri dari bahan seperti kapas, sutra dan kertas bila diresapi atau dilapisi dengan tepat atau bila direndam dalam cairan dielektrik seperti minyak. Bahan atau kombinasi bahan lain dapat dimasukkan dalam kelas ini jika melalui pengalaman atau pengujian dapat dibuktikan mampu beroperasi pada suhu Class A.
3. Class E
Suhu kerja maksimum yang diizinkan 120?, struktur isolasi yang terdiri dari film organik sintetis, enamel organik sintetis dan bahan lainnya serta komposisinya
4. Class B
Suhu kerja maksimum yang diizinkan 130 °C. Terdiri dari bahan atau kombinasi bahan seperti mika, serat kaca, asbes, dll., dengan bahan pengikat, peresapan, atau pelapis yang sesuai. Bahan atau kombinasi bahan lain, tidak harus anorganik, dapat termasuk dalam kelas ini, jika melalui pengalaman atau pengujian dapat ditunjukkan bahwa bahan tersebut dapat beroperasi pada suhu Class B.
5. Class F
Suhu kerja maksimum yang diizinkan 155 °C. Terdiri dari bahan atau kombinasi bahan seperti mika, serat kaca, asbes, dan lainnya dengan bahan pengikat, peresapan atau pelapis yang sesuai Bahan atau kombinasi bahan lain, tidak harus anorganik, dapat termasuk dalam kelas ini jika melalui pengalaman atau pengujian dapat terbukti mampu beroperasi pada suhu Kelas F (bahan yang memiliki tingkat stabilitas termal yang memungkinkan mereka untuk dioperasikan pada suhu 25 derajat Celcius lebih tinggi dari bahan Class B).
6. Class H
Suhu kerja maksimum yang diizinkan 180 °C, struktur isolasi yang terdiri dari mika, serat kaca, asbes dan bahan lain atau kombinasinya yang diikat atau diresapi dengan resin yang sesuai (seperti resin silikon).
insulasi terdiri dari bahan seperti elastomer silikon dan kombinasi bahan seperti mika, serat kaca, asbes, dll., dengan zat pengikat, peresapan, atau pelapis yang sesuai seperti resin silikon yang sesuai. Bahan atau kombinasi bahan lain dapat dimasukkan dalam kelas ini jika melalui pengalaman atau pengujian dapat dibuktikan mampu beroperasi pada suhu Kelas H.
7. Class C
Suhu kerja maksimum yang diizinkan di atas 180?, struktur berinsulasi terdiri dari mika, serat kaca, mika tidak diresapi, keramik, kuarsa, dan lainnya, atau kombinasinya, direkatkan atau diresapi dengan resin yang sesuai.
 

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English